Sabtu, 03 Maret 2012

“ The Night Pray Nasyid HipHop “

Tak hanya sekedar menghibur tapi berdakwah lewat lagu



 
Hingar binger Kota Budaya kini makin diwarnai dengan hadirnya music beraliran HipHop yang menjadi style baru dikalangan anak muda jogja . Seakan tak mau kalah dari para pendahulunya yakni kota Surabaya dan Jakarta perkembangan music hiphop di jogja dapat dikatakan begitu pesat, tercatat hampir 300 grup terlahir dari kota gudeg ini. Dengan berbagai tema yang diangkat mulai dari romantisme remaja,kritik tajam terhadap pemerintah hingga realitas social yang ada saat ini. Music hiphop dijadikan  sebagai alternative untuk menuangkan segala pemikiran dan ide yang ada. 
Seolah membawa kesegaran baru ditengah persaingan grup HipHop Jogja, The Night Pray yang berarti Doa dimalam hari hadir menyuguhkan music hiphop dengan gaya yang berbeda yakni Nasyid HipHop. Bagaikan bertransformasi music hiphop yang dikenal sebgai music party kini mampu menjadi konsumsi sisi religiusitas penikmatnya. Grup yang terbentuk terbentuk pada 5 Desember 2010 ini, digawangi oleh dua orang punggawa muda yakni Bintang dan Denson.
Berawal dari keresahan yang timbul di masyarakat khususnya kalangan remaja yang memiliki paradigma yang salah mengenai music hiphop itu sendiri, mereka beranggapan bahwa hiphop merupakan sebuah ideologi yang menjadikan para pngagumnya selalu berkiblat pada budaya barat yang jelas berbeda dengan budaya kita.
Dari sinilah keduanya sepakat untuk merubah pemahaman tersebut, dengan maksud bukan untuk menghilangkan music hiphop akan tetapi meluruskan kekeliruan yang terjadi. Bahwa Hiphop bukanlah merupakan ideologI melainkan satu keindahan baru guna melengkapi keberagaman music Indonesia. Hiphop terlahir bukan sebagai wujud anarkisme dari suatu golongan atau bahkan pelampiasan untuk menjatuhkan yang lainnya, akan tetapi hiphop menjadi suguhan yang sarat makna dengan ide-ide yang kreatif.
Sebagai wujud nyata dalam menjalankan misinya The Night Pray telah menghasilkan beberapa karya antara lain Adinda sebagai single perdana, kemudian C.H.C.S ( Cinta Hakiki Cinta Sejati ) yang berkolaborasi dengan rapper muda berbakat yakni Gadis, disusul lagu ketiganya yang mengusung tema perdamaian melalui kolaborasi apik dengan Rapper Aceh Zreikudo terlahirlah single Bersatulah Umat Islam. Tak hanya itu single ke empatnya yang sedang dalam tahap pengerjaan yakni AAW (Ayat-Ayat Waktu) mampu menyentuh para penikmatnya. 

Dari tiga lagu yang telah diciptakan mendapat sambutan hangat dari kalangan aktivis masjid. Sehingga mampu mendapat tempat dalam sebuah artikel di situs resmi milik Masjid Jogokariyan (masjid percontohan se-jogja) www.masjidjogokaryan.com
Lewat Motto yang dipegang TNP yakni Man jadaa wa jadaa “setiap usaha pasti menbuahkan hasil”. Dukungan kembali datang, kali ini oleh situs hiphop Indonesia terbesar. www.hiphopheroes.net.


Dalam berbagai event, festifal, pengajian hingga seminar TNP mampu  memeriahkan acara dengan performa yang disajikan. Tidak berhenti sampai disitu setelah keluarnya Profil Book TNP, grup ini berencana menghadirkan gebrakan baru melalui kolaborasinya dengan grup nasyid jogja.
Dengan tetap berpegang pada tujuan awal yakni usaha perbaikan The Night Pray bertekad tidak akan menyentuh hal hal yang bersifat Politik, perbedaan pendapat ulama (Khilafiyyah), sara atau aib masyarakat dalam setiap lagu atau acara.
“Ore et labora” segala sesuatu tidak akan ada hasilnya tanpa disertai usaha dan doa,  sukses untuk The Night Pray Nasyid HipHop kami tunggu karya terbaru dari kalian yang lebih dari sebelumnya. (^.^) #bebhosiperimerah


PROFIL GRUP
Nama Grup                 : The Night Pray Nasyid Hiphop
Genre                          : Hiphop Nasyid
Terbentuk                  : 5 Desember 2010
Personil                      : Bintang dan Denson
Manager                     : Sukma Hani
Blog                             : www.reverbnation.com/thenightpraynasyidhiphop
              www.thenightpray.wordpress.com
Basecamp                   : Dukuh MJI/ 1569b Mantrijeron Yogyakarta 55142
Contac person           : 08994606021


PROFIL PERSONIL
Nama lengkap            : Lintang Tri Utomo a.k.a Bintang
Posisi                           : Beatmaker, Rapper
Tanggal lahir              : Jakarta Selatan, 22 Maret 1987
Email/FB/Twitter       : Bintang_utomo@yahoo.com

Nama lengkap            : Muhammad Arifin a.k.a Denson
Posisi                           : Rapper, Vocal
Tanggal lahir              : Klaten, 22 Oktober 1990
Email/FB/Twitter       : kramotak.rapp@yahoo.com

 

1 komentar:

  1. revisi :

    mohon maaf mengganggu kenyamanan pembaca, terdapat kesalahan yang dilakukan oleh penulis pada pencatatan alamat e-mail sdr.Muhammad Arifin a.k.a Denson, penulisan yang benar :
    kramotak.rapp@yahoo.co.id

    terimakasih
    #bebhosiperimerah

    BalasHapus